You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Simulasi Antisipasi Banjir Diadakan di Kampung Pulo
.
photo Nurito - Beritajakarta.id

Polda Gelar Simulasi Antisipasi Banjir di Kampung Pulo

Puluhan aparat Polda Metro Jaya langsung bereaksi saat melihat empat orang warga "hanyut" terbawa arus Kali Ciliwung, Selasa (13/1). Akhirnya keempat warga yang sempat terbawa arus hingga 50 meter itu bisa diselamatkan.

Prinispnya kami akan membantu Pemprov DKI Jakarta dalam penanganan bencana

Peristiwa penyelamatan warga yang terbawa arus banjir Kali Ciliwung itu merupakan bagian simulasi antisipasi banjir yang digelar Polda Metro Jaya di Kampung Pulo, Jatinegara, Jakarta Timur.

Simulasi ini melibatkan 416 personel yang berasal dari Satuan Brimob, Satuan Sabhara dan Polair dan diharapkan mampu meminimalisir korban jiwa saat banjir melanda ibu kota.

Antisipasi Banjir, Jaktim Siagakan 500 Personel Damkar

"Saat simulasi atau pra bencana ini kita terjunkan 416 personel. Sedangkan saat penanganan bencana, jumlahnya diperbanyak menjadi 3.801 personel. Prinispnya kami akan membantu Pemprov DKI Jakarta dalam penanganan bencana," kata Irjen Pol Unggung Cahyono, Kapolda Metro Jaya di Kampung Pulo, Selasa (13/1).

Dikatakang Unggung, dalam simulasi ini, petugas melakukan proses tahapan sama seperti pada penanganan sebenarnya. Seperti melakukan evakuasi warga ke pengungsian, menolong warga yang terbawa arus, hingga menyelamatkan barang-barang milik warga. Bahkan petugas juga melakukan pengamanan selama 24 jam dan mendirikan posko pengamanan di lokasi banjir.

Pihaknya, kata Unggung, mengerahkan, empat perahu karet, dua perahu dayung dan dua perahu kano dalam simulasi kali ini. Selain itu, ada tambahan peralatan dari Suku Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Jakarta Timur berupa 28 tali dan enam tangga masing-masing setinggi tiga meter. Sedangkan petugas damkar yang dilibatkan sebanyak 20 personel.

Safrudin (40), salah satu warga RW 03 Kampung Pulo mengapresiasi simulasi antisipasi banjir yang digelar Polda Metro Jaya.

"Yang terpenting saat terjadi banjir nanti, petugas datang tepat waktu dan melakukan penanganan secara cepat, agar banjir tidak sampai menelan korban jiwa," harap Safrudin.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1223 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1121 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1051 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye980 personTiyo Surya Sakti
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye932 personAldi Geri Lumban Tobing